........S'LaMat DaTanG, Segala Komentar yang sifatnya membangun sangat diharapkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik........

Jumat, Januari 23, 2009

Google Tetap Kinclong di Masa Resesi


TEMPO Interaktif, San Francisco: Meskipun Google Inc. mengalami penurunan keuntungan kuartalan yang pertama karena adanya biaya akuntansi US$ 1,1 miliar, pemimpin mesin pencarian Internet itu memiliki kinerja jauh lebih baik dari saingannya dan membuktikan perusahaan itu disiplin dalam memotong biaya-biayanya di masa-masa sulit ini.


Bahkan saat Google mengencangkan ikat pinggangnya, pendapatannya di kuartal keempat naik 18 persen menjadi US$ 5,7 miliar. Hasil ini yang pertama kali sejak Google masuk bursa saham tahun 2004 di mana pendapatan kuartalannya tidak pernah naik kurang dari 30 persen.

"Ini kinerja yang mengesangkan di masa penurunan ini," kata analis Grup Stanford, Clayton Moran.

Kinerja Google sangat kontras dibandingkan kinerja saingan terbesarnya, Microsoft, dalam periode yang sama. Microsoft tidak hanya luput dari ramalan analis, namun kinerjanya semakin jauh dari harapan dengan rencana untuk merumahkan 5.000 pekerjanya selama 18 bulan ke depan.

Namun, berita hari Kamis itu tidak mengangkat saham Google yang melemah lebih dari dua persen menjadi US$ 298,32. Penurunan ini mengindikasikan investor masih tidak pasti apakah perusahaan ini dapat bersinar di tengah kesuraman ekonomi.

Manajemen Google juga mengeluarkan beberapa peringatan dalam konferensinya dengan analis. Walaupun mengakui kekuatan perusahaannya di masa ekonomi yang ringkih, Chief Executive Google Eric Schmidt mengindikasikan tantangan ke depan semakin menakutkan. Dia menggambarkan kuartal keempat sebagai bagian yang mudah, sedangkan bulan-bulan mendatang sebagai wilayah yang belum terpetakan.

Schmidt dan eksekutif lainnya mengatakan perusahan mungkin dapat meraih untung dari pedagang yang sedang kesusahan yang membeli lebih banyak ruang iklan dari Google untuk mempromosikan diskon besar-besaran guna membersihkan toko dan gudangnya sebelum musim liburan usai.

Jonathan Rosenberg, Cief Product Officer Google, mengakui perusahaan akan rentan jika resesi yang telah berlangsung 13 bulan ini semakin dalam. "Jika perdagangan semakin berkurang secara keseluruhan, maka itu akan berdampak terhadap Google," ujarnya.

AP | ERWIN

Sumber: Tempointeraktif.com

0 comments:

Posting Komentar

Pengikut

 

Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modify Template by badrun