........S'LaMat DaTanG, Segala Komentar yang sifatnya membangun sangat diharapkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik........

Jumat, Februari 27, 2009

Nokia Menuju Dunia Notebook

0 comments

Pasar Notebook di tahun 2009 ini rupanya akan semakin ramai dengan hadirnya produsen-produsen yang akan menciptakan atau mengembangkan produk. Walaupun pada saat ini banyak negara sedang mengalami krisis global, namun hal ini tidak membuat produsen menghentikan produksinya.


Salah satu yang menjadi produsen pendatang baru ini adalah dari vendor handphone ternama didunia, Nokia.

Nokia sebenarnya pada tahun 2008 lalu sudah akan memasuki dunia industri komputer, namun mereka baru akan memulai pada tahun 2009 ini. “Kami secara aktif melihat peluang ini,” demikian dikatakan Kallasvuo seperti dilansir Reuters (26/02/09).

Nokia berpendapat bahwa antara handphone dan PC telah berkonvergensi dalam beberapa cara. Misalnya saja, koneksi internet lewat handphone, inilah yang menjadi penyebab sehingga Nokia mempunyai motivasi untuk terjun didunia Notebook.

Selain itu pula, produsen komputer pun sudah mulai melihat perkembangan pasar khususnya handphone. Salah satu yang menjadi pemula adalah Acer dengan mengeluarkan Acer WM6 Smartphone.


...Lanjutan...

Kamis, Februari 26, 2009

Sosok Pemimpin yang dirahmati

0 comments

Pemerintah Tojo Unauna dibawah pimpinan Drs. Damsik Ladjalani, merupakan pemimpin yang dirahmati yang bermuara pada kepentingan masyarakat kabupaten Tojo Unauna dibuktikan dengan sering Bupati melakukan kunjungan serta komunikasi dan silaturahmi terhadap masyarakat dalam rangka mencari solusi politik untuk mengembangkan daerah yang baru ini. Pernyataan ini dilontarkan salah seorang politisi senior asal Kota Palu, yang saat ini duduk di DPRD Sulteng dari Fraksi Golkar juga membidangi Komisi A, sebut saja Yus Mangun, SE.


Menurutnya Damsik adalah pemimpin yang dirahmati, sangat luar biasa kepemimpinannya. Sosok Damsik walau pun banyak tantangan dan rintangan yang dihadapinya ia tetap tegar menjalankan roda pemerintahannya dari wujud kemanusiaannya, peran nyata dalam melakukan pembangunan pada setiap pertemuan, baik itu dengan warga, anggota DPRD maupun SKPD yang ada di linkungan pemerintahan Tojo Unauna.

Dijelaskannya, semua pembangunan di Kabupaten Tojo Unauna dikerjakan dengan amanah dan penuh rasa tanggung jawab, tambahnya. Namun demikian jelas Yus, Damsik tetap menekankan pada pemerintah daerah Touna yang dinakhodainya agar segera melakukan pembangunan fasilitas alat komunikasi dan perbankan diwilayah kepulauan ini, sebagai salah satu sarana penunjang komunikasi antara masyarakat dan pemerintah serta antara pemerintah dan masyarakat itu sendiri demi kemajuan pemerintah daerah, selain itu juga harap Yus dengan keberadaan perbankan dikepulauan dapat mempermudah perputaran perekonomian rakyat dan yang berada dipelosok kepulauan.

Dengan demikian dua program ini nantinya akan segera dilakukan pembangunannya di daerah ini. Lanjut Yus, hal tersebut dapat terlihat jelas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat daerah Kabupaten Tojo Unauna.

Sumber Lintas Timur (2/2009)
...Lanjutan...

Excel 2007 rentan Virus

0 comments


LOS ANGLES - Program Microsoft Excel ternyata tidak terlepas dari serangan virus, pasalnya, mereka memanfaatkan serangan 0-day, yang mana rentannya aplikasi di Excel.

Dengan serangan 0-Day, dimana celah yang belum dikenal dan di-patch, memudahkan para pembobol menyisipkan virus. Seperti yang dilaporkan Syamantec, Excel 2007 merupakan program Microsoft Office yang paling rentan untuk ditembus. Meski begitu, bukan tidak mungkin versi Excel lain juga akan rawan terkena.



Rentannya program tersebut, dapat dieksploitasi jika pengguna komputer membuka file yang berisi maliciously-crafted Excel. Setelah pengguna membuka file tersebut, peretas bakal dapat menjalankan kode tidak sah, yang mana dapat meninggalkan 'jejak' Trojan, yang disebut, Trojan.Mdropper.AC.

Tidak sampai disitu, Trojan yang telah ditinggalkan, akan menginfeksi kerja sistem operasi komputer yang berbasis pada Vista dan XP. Sebab, virus itu akan dengan sendirinya, mengunduh virus lain seperti Malware. Demikian yang dilansir PC World, Kamis (26/2/2009).

Seperti diketahui, banyak dari peretas yang terus melakukan celah pada aplikasi yang dimiliki oleh Microsoft. Bahkan, banyak yang menyebutkan kalau sistem operasi Vista yang diklaim sukses, bakal terus menjadi sasaran

Sumber - okezone.com
...Lanjutan...

Yahoo mulai membuka pintu buat perusahaan lain

0 comments

SAN FRANCISCO - Lelah menanti ketidakpastian terhadap tawaran Microsoft, Yahoo berencana untuk membuka diri terhadap perusahaan lain yang berminat untuk membeli unit mesin pencari meraka. Meskipun, tawaran tersebut diperkirakan masih akan alot.

"Kami tidak akan menentang tawaran yang dapat memaksimalkan bisnis. Apalagi yang memiliki perencanaan bersifat jangka panjang," cetus Chief Financial Yahoo, Blake Jorgensen, seperti yang dikutip AFP, Kamis (26/2/2009).


"Saat ini Yahoo memang tengah berfokus pada membangun bisnis dan menambah keuntungan dari unit mesin pencari kami," imbuhnya.

Terbukanya Yahoo terhadap semua perusahaan untuk melakukan tawaran, berarti memudahkan perusahaan tersebut berpeluang besar untuk segera mendapatkan dana segar. Sayangnya, Jorgensen tidak menyinggung tawaran dari Microsoft, dia mengatakan kalau perusahaan Steve Ballmer tersebut bukan mitra yang potensial.

"Kami sudah sangat rumit dalam melakukan bisnis dengan Microsoft. Dan saya pikir, mereka kurang menghargai kerumitan tersebut," pungkasnya. (srn)

Sumber - okezone.com -tekno

...Lanjutan...

mbook laptop terkecil didunia

1 comments


Persaingan dunia Teknologi Informasi semakin hari semakin pesat saja perkembangannya. Bagaimana tidak, perusahaan Korea UMID membuat satu gebrakan baru lagi untuk dunia Teknologi Informasi. UMID memproduksi sebuah laptop yang dinyatakan sebagai laptop terkecil dan teringan di dunia untuk saat ini.

Dengan hanya berukuran 158x94,1x18,6 mm hampir sama dengan ukuran dompet wanita sekarang ini, kita sudah dapat menikmati fasilitas yang cukup baik, beratnya pun hanya 315 gram. Spesifikasi yang ditawarkan untuk laptop ini menggunakan processor Intel Atom 1,3 GHz, memory 1GB, serta ditawarkan pilihan memory tambahan sebesar 8GB sampai 32GB.

Selain itu, laptop yang diberinama mbook ini telah menunjang konektivitas HSDPA, Bluetooth 2.0 dan WiBro, jaringan internet wireless broadband seperti WiMax yang dikembangkan di Korea Selatan. Dan bukan hanya itu saja, mbook juga dilengkapi dengan antena yang dapat menangkap siaran televisi di negeri tersebut.

Untuk masalah harga, seperti masih terbilang mahal jika dibandingkan dengan laptop lain yang mempunyai spesifikasi yang hampir sama. Mbook dibandrol dengan harga US$ 534 atau sekitar 6 juta lebih.


...Lanjutan...

Protes untuk TOS Facebook

0 comments

TOS (Term of Service) merupakan hal yang paling sering kita acuhkan bila kita menginstal sesuatu program atau memilih suatu layanan di internet yang kita ikuti. Namun ketidakpedulian kita sebagai pengguna menimbulkan aksi protes dari para pengguna Facebook. Hal ini pula yang menjadi penyebab aksi protes dari para pengguna Facebook dikemudian hari atas TOS baru Facebook yang otomatis memberikan hak seluas-luasnya kepada situs Social Networking ini atas semua data dan informasi yang pernah diposting user ke Facebook.

Berikut ini merupakan petikan TOS Facebook yang banyak menuai protes tersebut :
You hereby grant Facebook an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to (a) use, copy, publish, stream, store, retain, publicly perform or display, transmit, scan, reformat, modify, edit, frame, translate, excerpt, adapt, create derivative works and distribute (through multiple tiers), any User Content you (i) Post on or in connection with the Facebook Service or the promotion thereof subject only to your privacy settings or (ii) enable a user to Post, including by offering a Share Link on your website and (b) to use your name, likeness and image for any purpose, including commercial or advertising, each of (a) and (b) on or in connection with the Facebook Service or the promotion thereof.”

Yang lebih membuat geram user lagi adalah bahwa Facebook tetap memiliki hak untuk mengarsipkan copy dari data user walaupun telah menutup accountnya.

Menurut pihak Facebook sendiri, bukan maksud mereka untuk melakukan klaim sepihak atas data, informasi dan foto dari user yang ter-upload untuk mereka salahgunakan, namun pasal tersebut lebih dimaksudkan sebagai jaminan hak Facebook untuk membagikan informasi tersebut kepada pihak-pihak yang berkompeten, seperti teman-teman dalam jaringan sang user.

Lebih lanjut, pendiri Facebook Mark Zuckerberg dalam sebuah blognya menandaskan bahwa di Facebook user tetap memiliki hak atas data informasi mereka, dan dapat mengontrol secara langsung dengan siapa mereka akan berbagi data informasi tersebut.

Mark Zuckerberg yang telah merintis Facebook sejak di bangku kuliah menyatakan bahwa memang banyak bahasa dalam Terms of Service mereka yang sangat formal dan kaku, namun hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan penuh atas layanan yang mereka berikan.

Sumber - Teknologinet.com
...Lanjutan...

Jumat, Februari 20, 2009

Tarif Internet Indonesia bakal turun

1 comments


Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nur pada acara ICT Outlook 2009 yang bertempat di Hotel Nikko, Jakarta, Kamis (19/2/2009) mengatakan bahwa Indonesia akan menurunkan tarif internet namun turunnya tidak akan 100-200 persen, namun yang pasti akan turun.


“Kita harus realistis, dengan kondisi sekarang ini tarif internet tak mungkin turun 100-200 persen. Meski begitu kami tetap mengupayakan penurunan dengan cara membantu penyelenggara internet dalam hal kemudahan perizinan dan perluasan pasar,” kata Menteri Kominfo.

Penurunan tarif, khususnya internet, menurut Menteri merupakan satu dari tiga pilar kebijakan pemerintah agar jurang kesenjangan digital antara masyarakat kota dan pedesaan tidak akan semakin lebar. “ICT jangan pernah dimonopoli karena akan memperlebar jurang digital divide. Kita perlu melakukan desakralisasi ICT, tambah Menkominfo.

Kita tahu bahwa Pemerintah Indonesia pada tahun 2008 lalu telah menurunkan tarif untuk sewa jaringan hingga 71%, sehingga tarif internet turun 10-11 %. Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai tarif internet yang sangat mahal jika dibandingkan dengan negara-negara yang ada di Asia Tenggara khususnya seperti Malaysia atau Singapura.


...Lanjutan...

Kamis, Februari 19, 2009

Jangan Menyesal Berbuat Baik

0 comments

Kebajikan itu sebajik namanya, keramahan itu seramah wujudnya, dan kebaikan itu sebaik rasanya. Orang-orang yang pertama kali akan dapat merasakan manfaat dari semua itu adalah mereka yang melakukannya. Mereka akan merasakan “buah”nya seketika itu juga dalam jiwa, akhlak, dan nurani mereka. Sehingga merekapun selalu lapang dada, tenang, tenteram dan damai.

Ketika diri kita diliputi kesedihan dan kegundahan, berbuat baiklah terhadap manusia, niscaya kita akan mendapat ketentraman dan kedamaian hati. Sedekahilah orang yang membutuhkan, tolonglah orang-orang yang terzalimi, ringankan beban orang yang menderita, berilah makan orang yang kelaparan, jengunglah orang yang sakit, dan bantulah orang yang kena musibah, niscaya kita akan merasa kebahagiaan dalam semua sisi kehidupan.

Perbuatan baik itu laksana wewangian yang tidak hanya mendatangkan manfaat bagi pemakainya, tetapi juga orang-orang yang berada di sekitarnya. Dan manfaat psikologis dari kebajikan itu terasa seperti obat-obat manjur yang tersedia di apotik orang-orang yang berhati baik dan bersih.

Menebar senyum manis kepada orang-orang yang “miskin akhlak” merupakan sedekah jariah. Ini, tersirat dalam tuntunan akhlak yang berbunyi: “.........meski engkau hanya menemui saudaramu dengan wajah berseri.” (Al-Hadits).
Sedang kemuraman wajah merupakan tanda permusuhan sengit terhadap orang lain, yang hanya diketahui terjadinya oleh Sang Maha Gaib.

Seteguk air yang diberikan seorang pelacur kepada seekor anjing yang kehausan dapat membuahkan syurga yang luasnya seluas langit dan bumi. Ini merupakan bukti dari Sang Pemberi Pahala adalah Dzat Yang Maha Pemaaf, Maha Baik dan sangat mencintai kebajikan, serta Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Wahai orang-orang yang merasa terancam oleh himpitan kesengsaraan, kecemasan dan kegundahan hidup, kunjungilah taman-taman kebajikan, sibukan diri kalian dengan memberi, mengunjungi, membantu, menolong dan meringankan beban sesama. Dengan semua itu, niscaya kalian akan mendapatkan kebahagiaan dalam semua sisinya; rasa, warna, dan juga hakekatnya.

Yakinlah Allah SWT akan selalu mencatat dan memperhitungkan setiap kebajikan yang kita lakukan, seperti halnya kejahatan yang juga (barang kali pernah) kita lakukan.
Kami akan memasang timbangan yang tepat pada Hari Kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikit pun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawi pun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan.” (Al Anbiya: 47)

Dengan demikian, janganlah menyesal karena telah berbuat baik, karena kebajikan yang telah kita lakukan (jika dilandasi niat ikhlas) insya Allah akan dicatat oleh-Nya dan akan diperhitungkan di akhirat nanti.


...Lanjutan...

Berdakwah lewat Yahoo Messanger

1 comments

Kemajuan dalam dunia Teknologi Informasi sangat memberikan banyak manfaat baik pada diri kita sendiri maupun pada orang lain, tidak dapat kita pungkiri lagi, bahwa sudah banyak orang-orang yang menggunakan Teknologi Informasi ini untuk berbagai macam hal sesuai dengan apa yang diinginkannya.


Salah satu yang menjadi pokok tulisan kali ini adalah pemanfaatan fasilitas Yahoo Messenger atau Yahoo Conference. Salah seorang alumni Madrasah Aliyah Alkhairaat Palu, Darmawan Mahadjura yang saat ini sedang menyelesaikan studinya di Universitas Tromso, Norwegia, Eropa Utara. Dia menceritakan tentang kehidupan umat muslim di negara eropa itu yang jumlahnya sangat minoritas apalagi dari Negara Indonesia.

Sementara kehidupan Barat sangat kontras dengan budaya Islam dan Indonesia. "Jika kita tilik dari etika Islam, pergaulan masyarakat Barat itu sangat rusak dan jauh dari nilai-nilai etika," kata Darmawan Mahadjura. Kondisi ini membuat seorang muslim yang baik, cenderung mencari komunitas yang baik pula di tengah rusaknya moral pergaulan masyarakat Barat. Dan bagi seorang abnulkhairaat yang pernah menyelesaikan studi Tsanwiah Akhairaat di Pondok Pesantren Tilamuta, Gorontalo ini, pergaulan serta gaya hidup masyarakat Indonesia, tidak menjadikan dirinya lupa akan komunitas orang-orang shaleh. Untuk mencegah dirinya menjadi terbawa dari pergaulan bebas di Barat, Darmawan menggunakan perangkat lunak (software) Yahoo Messanger sebagai ajang untuk tetap dapat berkomunikasi dengan rekan-rekannya sesama muslim dan saling mengingatkan akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari pergaulan di tempat mereka berada itu.

Mungkin saja bagi mereka yang melek internet, Yahoo Messanger bukanlah suatu hal yang baru lagi, karena fasilitas chating yang satu ini sering kali dipakai oleh mereka. Namun, bagaimana dengan yang masih dalam taraf pembelajaran, tentunya perlu banyak menanyakan apa-apa saja yang mereka belum ketahui.

"Menariknya, pertemuan dan pengajian yang kami lakukan secara online dengan menggunakan Yahoo Messanger. Jadi, walaupun berjauhan kami seperti merasakan suasana yang sangat dekat, kami merasakan keakraban yang tak terbatas. Sepertinya kami berada dalam sebuah ruang tanpa hijab (pembatas) dan merasakan ikatan Ukhuwah Islamiyah yang sangat erat," katanya lagi.

...Lanjutan...

Rabu, Februari 18, 2009

Kepolisian Touna melakukan demo pengamanan Pemilu 2009

1 comments

Pemilihan Umum Legislatif sudah tidak lama lagi berlangsung, segala persiapan dilakukan untuk menyukseskan Pemilihan Umum ini. Mulai dari persiapan kotak suara, kertas suara, tinta, bahkan yang paling sensitif adalah persiapan keamanan untuk pelaksanaan Pemilu.


Kabupaten Tojo Unauna walaupun adalah merupakan kabupaten termuda yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah tidak mau ketinggalan dalam menyukseskan kegiatan akbar ini. Setelah berbagai persiapan dilakukan pada tahun 2008, pada bulan Februari 2009 ini tepatnya pada tanggal 15 Februari diadakan persiapan pengamanan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada bulan April 2009 nanti.

Tidak kurang dari 300 personil dari Kepolisian mengadakan Latihan dalam rangka pengamanan pada saat Pemilu yang berlokasi di lapangan Stamina Ampana. Latihan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai dari 15 Februari sampai dengan tanggal 17 Februari 2009 (hari ini). Demo pengamanan yang dilakukan oleh Satuan Kepolisian ini mendapat respon yang sangat baik dari berbagai kalangan masyarakat, “kami merasa senang akan kegiatan ini, setidaknya menjaga jika ada hal-hal atau sebagian kelompok orang yang akan mencoba menggagalkan pelaksanaan Pemilu Legislatif yang tinggal sebulan lebih ini.”

Walaupun baru berumur 4 (empat) tahun, namun Kabupaten yang bermoto “Sivia Patuju” ini terus melakukan pembenahan untuk mensukseskan kegiatan akbar ini. “Alhamdulillah pelaksanaan Pemilihan Umum di Kabupaten Tojo Unauna selama ini berlangsung dengan Aman dan Terkendali.”kata seorang warga yang menyaksikan demo pengamanan itu.
...Lanjutan...

Selasa, Februari 17, 2009

Amerika Serikat Negara Target para Hacker

1 comments

Pemerintah Amerika Serikat sepertinya harus mengambil langkah-langkah dalam upaya menindak lanjuti berbagai serangan terhadap sistim komputernya yang semakin hari semakin berkembang. Setidaknya ada lebih dari 100 serangan yang dilakukan oleh para hacker yang ingin mencoba masuk ke sistim jaringan komputer pemerintahan dan keuangan Amerika Serikat.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata serangan tersebut kebanyakan dari Negara yang dijuluki Tirai Bambu yang sering ingin membobol ke sistim jaringan komputer mereka. Seperti dikatakan Anggota Parlemen Partai Demokrat Bennie Thompson. “Ancaman terutama datang dari China”.

Namun Pemerintah Amerika Serikat telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah hal ini. Lanjut juga dikatakan oleh Thompson adalah Cuma seorang hacker profesional saja yang akan dapat menembus sistim jaringan pemerintahan maupun keuangan mereka. “Hacker yang berpengalaman dan piawai dapat saja menimbulkan malapetaka dalam jaringan sistim keuangan jika mereka berhasil membobolnya”.

Tidak dapat kita pungkiri lagi kemajuan para hacker dunia saat ini semakin membaik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.


...Lanjutan...

Bandara akan Segera diwujudkan di Touna

0 comments

Tujuan Kabupaten Tojo Unauna untuk menjadikan daerahnya sebagai daerah wisata terus dikembangkan. Hal ini terlihat dengan program maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.


Sejak berpisah dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran (2006) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus melakukan pembenahan tempat-tempat wisata, misalnya; tempat pemandian di Malotong dan Uevuntu, Air Panas di Marowo, Jembatan untuk kawasan Mangrove, dan lain sebagainya.

Dengan dilakukannya pembenahan tempat-tempat wisata ini diharapkan para turis lokal maupun mancanegara dapat berkunjung dengan nyaman. Sampai dengan tahun 2009 ini jumlah turis mancanegara tidak kurang dari 60.000 orang. Angka ini masih merupakan angka yang kecil jika dibandingkan dengan daerah tujuan wisata lain yang ada di Indonesia.

Untuk kaitannya dengan transportasi khususnya Transportasi Udara, Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna terus berupaya untuk mewujudkan bandar udara secepat mungkin. Hal ini disampaikan oleh Bupati Tojo Unauna (Drs. Damsik Ladjalani) pada acara apel bersama pagi tadi (17/02/09). “Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan pembangunan bandar udara ini”. “Tojo Unauna tinggal selangkah lagi untuk melakukannya”. Tegas orang nomor satu di Tojo Unauna. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan bandar udara tersebut + 50 milyar rupiah.

Bukan dana yang sedikit tentunya untuk membangun sebuah bandar udara. Namun bila diupayakan dengan maksimal hal ini dapat diwujudkan.

“Wujudkan, jangan hanya menjadi sebuah impian” kata saya.


...Lanjutan...

Senin, Februari 16, 2009

Intel Investasikan dana untuk Westmere

0 comments

Wah...ternyata disaat krisis ekonomi yang melanda dunia saat ini tidak terlalu terasa pada salah satu perusahaan terbesar dunia ini, Intel. Padahal mereka (Intel) mengalami penurunan pendapatan 23% pada kuartal terakhir lalu. Dan jumlah yang diinvestasikan tidak tanggung-tanggung yaitu sebesar 7 milyar dollar atau sekitar 80,5 triliun rupiah. Bukan suatu angka yang kecil tentunya bila dilihat dengan krisis ekonomi yang sedang melanda dunia saat ini.


Dana ini disiapkan oleh Intel untuk membangun industri manufacturingnya yang sedang mengembangkan chip generasi baru yang mengusung teknologi 32nm (nanometer). Hal ini dikatakan oleh Paul Otellini, CEO Intel.

Chip yang bernama sandi Westmere ini baru akan diluncurkan pada akhir tahun 2009 ini atau bahkan tahun depan (2010). Menurut Vice President di Gartner Inc. Intel, Leslie Fiering mengatakan “Salah satu kekuatan Intel terletak pada proses kontrolnya dalam pembuatan chip”. Proses kontrol adalah merupakan salah satu dasar yang sangat harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan perusahaannya. Dengan sistim pengelolaan administrasi yang baik, maka akan tercipta suatu kontrol perusahaan yang akurat dan akuntabel.

Untuk lokasi pembangunan investasi ini Intel telah memilih Oregon, Arizona dan New Meksiko, hal ini dilakukan oleh Intel karena berhubungan dengan masalah Sumber Daya yang katanya hanya didapatkan di Negara-nya sendiri.


...Lanjutan...

Rabu, Februari 11, 2009

POLITISASI KASUS KORUPSI

1 comments

Seolah tak pernah berhenti, kasus korupsi kembali menjadi pembicaraan. Kali ini, korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) di Tojo Unauna yang menjadi tema utama. Menariknya, yang menjadi soal, apakah penanganan korupsi yang diduga melibatkan sembilan legislator 2004-2009, yang juga caleg DPRD Tojo Unauna murni problem hukum atau ada unsur politik yang bermain di dalamnya.


Dugaan politisasi ini muncul karena diumumkan atau dipublikasikan ketika Pemilu Legislatif tinggal berhitung hari. Selain itu dan ini poin terpenting bahwa target yang disasar aparatur hukum adalah sembilan angota DPRD Tojo Unauna yang saat ini kembali mencalokan diri.

Itulah sebebanya, beberapa pihak, khususnya elit partai meragukan orisinalitas motif pengungkapan kasus korupsi yang diduga cenderung mengandung unsur politis.
Dalam bahasa lain, pengungkapan kasus korupsi menjelang Pemilu dianggap memiliki motif politik, bukan murni sebuah upaya untuk memberantas korupsi.

Dalam konteks di atas, elit partai yang menyatakan adanya politisasi korupsi sebenarnya dapat dianggap juga memiliki motif politik, paling tidak ada kepentingan untuk mengerem atau menghentikan tindakan hukum terhadap dugaan korupsi yang tengah diproses. Tujuannya sangat mungkin untuk mengamankan proses politik yang sekarang sedang berjalan, baik di level internal partai maupun dalam kaitannya dengan proses negoisasi dengan kelompok politik lain menjelang Pemilu.

Untuk itu kiranya, agar aparat penegak hukum secepatnya mengambil keputusan untuk memproses setiap adanya dugaan korupsi yang melibatkan siapapun tanpa pandang bulu.
Membiarkan laporan adanya dugaan korupsi yang melibatkan politisi tanpa ada kejelasan proses hukumnya justru akan sangat menguntungkan para politisi yang korup. Dengan menggunakan isu politisasi kasus korupsi, para politisi korup itu justru akan dapat terhindar dari proses hukum.

Barangkali tuduhan adanya politisasi korupsi tidak mungkin dapat dihindari, apalagi menjelang Pemilu seperti saat ini. Namun yang harus diingat bahwa setiap proses hukum atas berbagai tindak korupsi yang dilakukan para politisi harus bersandar dan tetap mengacu kepada kebenaran data, dokumen dan informasi.

Ketika data, dokumen dan informasi mengenai dugaan korupsi terhadap para plitisi mengandung cukup bukti yuridis, dalam situasi menjelang Pemilu sekalipun, kasus itu harus tetap diproses.

Pendek kata, penegak hukum atas tindak pidana korupsi, melainkan ada atau tidaknya unsur tindak pidana korupsi itu sendiri.

Sumber- Media Alkhairaat/10-02-2009
...Lanjutan...

Sabtu, Februari 07, 2009

7 Langkah Membasmi Virus "Conficker"

4 comments

Virus adalah merupakan satu hal yang paling kita benci, apalagi kalau sampai merusak suatu hal yang paling cintai.

Ini adalah Tips bagaimana membasmi Virus "Conficker" yang saat ini sedang gencar-gencarnya menyerang komputer kita.


"Conficker.DV". Metode yang digunakan Virus ini berbeda dari pendahulunya. Dengan kemahirannya, Conficker bisa mengakses jaringan dengan menebak password Administrator sehingga dapat menembus celah windows "Default Share"(ADMIN$\system32).
Seperti Virus-virus yang lain, Conficker juga membuat file pada media penyimpanan data seperti: flasdisk,hard disk drive, card reader dengan cara menyimpan file hidden pada bagian root drive.

Seperti pendahulunya, Conficker.DV berusaha mengexploitasi MS08-067 atau celah keamanan Windows, Windows Server Service atau SVCHOST.exe. Hal ini dikarenakan user tidak mengaktifkan fitur Automatic Updates dan tidak melakukan patch windows MS08-067.

Ini adalah beberapa langkah yang harus kita lakukan bila Conficker sudah menjangkiti system32 kita.
1. Putuskan komputer yang dibersihkan dari jaringan/internet
2. Matikan system restore (Windows XP/Vista)
3. Matikan proses virus yang aktif pada service. Gunakan removal tool dari Norman
untuk membersihkan virus yang aktif. Jika belum memiliki,
bisa didownload disitus norman
4. Delete service svchost.exe gadungan yang ditanamkan virus pada registry. Anda
dapat mencari secara manual pada registry.
5. Hapus Schedule Task yang dibuat oleh virus (C:\WINDOWS\Tasks)
6. Hapus string registry yang dibuat oleh virus. Untuk mempermudah dapat menggunakan
script registry di bawah ini:
[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced,
Hidden, 0x00000001,1
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced,
SuperHidden, 0x00000001,1
HKLM,
SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL,
CheckedValue, 0x00000001,1
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\BITS, Start, 0x00000002,2
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\ERSvc, Start, 0x00000002,2
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wscsvc, Start, 0x00000002,2
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wuauserv, Start, 0x00000002,2

[del]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, dl
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, ds
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, dl
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Applets, ds
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters, TcpNumConnections

Gunakan Notepad, kemudian simpan dengan nama 'repair.inf' lalu 'Save As Type' menjadi
'All Files' agar tidak terjadi kesalahan. Jalankan repair.inf dengan cara mengklik kanan, kemudian pilih Install.

Untuk file yang aktif pada startup, Anda dapat mendisable melalui 'msconfig' atau dengan mendelete secara manual pada registry yaitu pada string:'HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run'

7. Untuk supaya virus W32/Conficker.DV tidak muncul lagi yang kesekian kalinya,
sebaiknya menggunakan antivirus yang selalu terupdate dan mampu mendeteksi virus
ini dengan baik dan patch komputer. patch ini bisa diambil dari situs Microsoft.

Sumber - DetikInet.com

...Lanjutan...

Backup Sebelum Hancur

0 comments

Bagaimana rasanya bila blog yang sudah kita bangun dengan lama dan dengan cucuran air mata mungkin, hanya dalam hitungan menit bahkan detik blog kita tidak dapat lagi di perbaiki.


Mungkin sudah ada sebelumnya tentang tips untuk memback-up blog dari blogger yang lain, tapi saya kira tidak salah kalau kali ini saya mencoba untuk menuliskannya kembali. Yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Jelas harus login dulu
2. Masuk ke Tab Tata Letak
3. Pilih Edit HTML
4. Beri centang pada kolom Expand Template Widget
5. Drag and Drop semua Script yang ada di kotak Edit HTML (Control+A)
6. Buka Notepad.exe
7. Paste di Notepad (Control+V)
8. Beri nama sesuai keinginan kita dalam eksistensi ".txt"

Dengan begitu kita tidak perlu bersusah-susah atau takut bila Blog kita mengalami kerusakan (galat).

Semoga Tips ini dapat bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan semua..

...Lanjutan...

Pedrosa heads home early from Malaysia

0 comments

At the end of the second of three scheduled test days in Malaysia Dani Pedrosa has decided to return to Barcelona earlier than originally planned, as he continues to recover from a knee injury which he picked up at the end of last year.

The Spanish rider hurt his left knee when he crashed at last year’s Phillip Island GP and had a small operation on the joint in December in order to eliminate any ongoing problem – but the injury is still bothering him.


Pedrosa explained, “Tomorrow a race simulation was scheduled but at the end we decided to end the test session because today I could only do five or six laps in a row and tomorrow I won’t be able to cover the race distance. Last December I underwent an operation on my left knee due to the injuries I suffered when I slid off in Phillip Island during the race in October. I just need some rest now.”

Having finished fourth on the Friday timesheet, just 0.377s off Casey Stoner’s pace-setting best time, Pedrosa reflected on his 51 lap practice session, stating, “I’m satisfied with the work we have done. We focused on chassis and suspension and also worked with tyres in order to find the best solution with our machine. Today (Friday) I was much more comfortable on the bike, I was able to go faster from the early laps and we were able to test all the items we had planned for this session.”

“In fact I know this bike, which is an evolution of last year’s bike, and this gives me an advantage compared to last year, when the bike was completely new for me. We have pointed out the aspects we want to improve for next time.”

Pedrosa will be expected back on track at the next MotoGP test in Qatar which takes place on 1st-3rd March.

Click here for the MotoGP Sepang Test Results.

Source -- MotoGP.com

...Lanjutan...

Kamis, Februari 05, 2009

PC Unik dari Lenovo

0 comments

Siapa bilang sebuah desktop PC tampil membosankan. Lenovo Idea Centre A600 membuat pandangan ini menjadi tidak berlaku lagi. Lenovo IdeaCentre A600 memang memiliki tampilan yang berbeda dengan kebanyakan PC. Sekilas malah lebih mirip dengan sebuah TV LCD.


Hal ini mengingat ukuran layar yang dimiliki produk ini. Lenovo IdeaCentre A600 memiliki display 21,5 inci LCD. Dimensinya yang masih terbilang tipis juga membuatnya semakin mirip dengan TV LCD kebanyakan. Masih ditambah dengan layar wide screen dengan rasio 16:9.

Ia dilengkapi dengan Blu-ray drive, TV tuner digital untuk menonton dan merekam siaran TV. Sistem operasi yang diguanakan adalah Microsoft Vista Media Center, membuatnya semakin mudah untuk mendukung kemampuan mulitmedianya. Kemampuannya menampilkan file mulitmedia high definition dengan resolusi Full HD 1920 x 1080, ditambah sistem audio lengkap dengan subwoofer dan sertifikasi Dolby Home Theatre.

Masih ditambah dengan remote control multifungsi, dapat berfungsi sebagai VoIP handset, mouse wireless dan tentu saja remote control untuk pengendalian fungsi multimedianya dari jarak jauh. Dengan pilihan prosesor Intel Core 2 Duo, kartu grafis dari ATI Radeon Lenovo IdeaCentre A600 pilihan ideal untuk penikmat fungsi multimedai dari sebuah PC, yang kabarnya akan tersedia mulai bulan April 2009 mendatang. Untuk harganya ditawarkan sekitar USD 999.

Sumber -- TeknologiNet.com

...Lanjutan...

Rabu, Februari 04, 2009

Craig Barrett akan Pensiun

0 comments

Awal Mei mendatang Intel akan punya pemimpin baru. Craig Barrett yang selama ini menjabat sebagai Chairman perusahaan semikonduktor itu akan mundur dari jabatanya.

Barret pertama kali merintis karier di Intel sebagai insinyur pada tahun 1974. Tahun demi tahun, kariernya menanjak sampai akhirnya ia menjabat sebagai CEO sebelum menjabat sebagai Chairman. Barrett juga meupakan CEO non-founder pertama di Intel.

Dalam pernyataanya, Barrett yang bulan Agustus mendatang akan berusia 70 tahun mengatakan dia “sangat bangga” telah membantu Intel menjadi perusahaan semikonduktor terbesar dan paling berhasil di dunia.

Sebagai pengganti Barrett, telah ditunjuk Jane Shaw yang akan menjabat sebagai non-executive Chairwoman. Shaw merupakan direktur independen pertama yang merupakan orang dari luar perusahaan di Intel. Perempuan ini direkrut Intel pada tahun 1993.

Sumber - TeknologiNet

...Lanjutan...

India Meluncurkan Laptop dgn Harga Sangat Murah

0 comments

Negara yang terkenal dengan kualitas sutra ini membuat gebrakan baru di dunia Teknologi. India, dengan mengeluarkan modal sebesar 46 Miliar Rupee atau US$939 juta.

Spesifikasi yang digunakan juga terbilang lumayan baik, dengan menggunakan memory sebesar 2GB dan koneksi Nirkabel untuk koneksi internet. Namun Pemerintah India belum memastikan Prototipe yang akan digunakan. Kabarnya, Laptop ini dijual dengan harga sangat miring dan tentunya ditujukan kepada pengguna pedalaman yaitu US$10 atau setara dengan Rp.100.000,- Wow....
"Laptop tersebut dibandrol dengan harga US$10. Jika para orang tua ingin menghadiahkan sesuatu untuk buah hatinya, mereka dapat membeli dengan mudah laptop ini," kata Agrawal, seperti dikutip oleh AFP."Dalam waktu 6 bulan laptop ini akan tersedia." tambahnya.
Laptop ini juga dikhususkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (Pendidikan) terutama untuk masyarakat yang berada di daerah pedalaman. Pemerintah India sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi terbesar di dunia seperti Microsoft dan Intel. Pihak Microsoft sedang mengembangkan aplikasi penggunaan MightyMice yang dimungkinkan agar satu komputer dapat diakses lebih dari satu orang .Dengan menggunakan MightyMice yang dapat digunakan sampai 30 mouse untuk setiap orang.
BAGAIMANA DENGAN NEGARA KITA INDONESIA, yang mempunyai tingkat pertumbuhan internet yang lebih baik dibandingkan dengan India...???

...Lanjutan...

Senin, Februari 02, 2009

Tahun 2015, semua jaringan telekomunikasi terhubung ke internet

0 comments

Konvergensi media informasi dan komunikasi (infokom) kian dekat. Jaringan infokom ke depannya bakal semakin luas dan merambah ke berbagai bentuk yang praktis. Masyarakat dan pemerintah selaku pemakai harus bersiap-siap menyesuaikan diri.

Hal itu disampaikan Jaka Sembiring dari Pusat Pelayanan Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika dalam kegiatan Cisco Network Indonesia, Rabu (28/1) di Institut Teknologi Bandung. Integrasi jaringan infokom yang diistilahkan next generation networking (NGN) ini akan betul-betul terwujud setidaknya di 2015 mendatang.


Berbagai perangkat TIK (infokom) ke depan bakal makin praktis, plug and play (pasang dan langsung difungsikan). Perannya di masyarakat pun bakal semakin besar, merubah perilaku masyarakat, ujarnya. Ia mencontoh kan fenomena telepon seluler yang terjadi satu dasawarsa terakhir. Alat telekomunikasi ini kini telah dimiliki oleh siapa pun.

Fenomena lain, yaitu makin berkembangnya pola jejaring sosial melalui situs pertemanan macam Facebook di internet. Ke depan, melalui NGN ini, akses komunikasi, telepon, internet, radio, hingga televisi dapat tersaji di dalam satu piranti saja. Integrasi infokom ini semakin nyata seiring segera beroperasinya teknologi komunikasi nirkabel berpita lebar (broadband wireless acces) Wimax di 2009 ini.

"Tahun 2009 ini Wimax akan segera ditenderkan. Sengaja regulasinya itu disusun lebih lama agar memberi kesempatan industri dalam negeri bersiap diri. Sehingga, nanti bisa ikut bermain di teknologi ini," ucap staf pengajar Teknik Informatika ITB ini.

Managing Director Sisco System Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, salah satu esensi utama perkembangan teknologi adalah menghubungkan manusia ke manusia. Tidak sekedar alat ke alat. Maka, teknologi menjadi sangat penting untuk mendukung ko laborasi antarmanusia. Mereka yang tidak berkolaborasi akan teringgal di persaingan.

Yulvianus Harjono

Sumber - Kompas.tekno

...Lanjutan...

Koneksi Internet Indonesia salah satu yang Terburuk

2 comments

Layanan internet (broadband) di Indonesia adalah salah satu yang terburuk di dunia, bahkan di Asia. Tingginya tarif internet belumlah sebanding dengan layanan, yaitu kecepatan akses data yang memuaskan.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Riset Sharing Vision Dimitri Mahayana di Bandung, Minggu (1/2).

"Tarif internet di Indonesia itu 300 kali lebih mahal daripada di Jepang. Di sana, tarif layanan termurah dilepas di USD 0,13 per megabit/detik. Di tempat kita, yang paling murah Fastnet, ada di USD 15 per megabit/detik," tutur dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini mengutip data dari riset OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development.

Rata-rata di Indonesia, tarif layanan internet adalah USD 50 (Rp 550.000 per megabit/detik. Yang jadi masalah, kecepatan akses rata-rata di Indonesia 256 kilobit per detik. Sementara, kecepatan akses di Jepang mencapai 93. 693 kilobit/detik. Maka, dari hasil survei Sharing Vision, kondisi ini mengakibatkan tingkat kepuasan dan ketertarikan berlangganan internet menurun. Dari 84 persen menjadi 66 persen di tahun berikutnya.

"Kalau lambat dan mahal seperti ini ya repot. Ibaratnya dengan negara lain, kita naik sepeda mereka naik Rolls-Royce. Padahal, banyak hal dan ilmu yang bisa kita dapat dari internet," tuturnya.

Minimnya konten dalam negeri dan lemahnya infrastruktur, yaitu jaringan backbone di Indonesia adalah beberapa penyebab buruknya layanan internet di negara kita.

JON

Sumber - Kompas.tekno

...Lanjutan...

iPhone 3G di tunggu di Indonesia

0 comments

Telkomsel kebanjiran peminat iPhone 3G. Sampai saat ini sudah lebih dari 17 ribu orang mendaftar lewat situs operator seluler itu untuk pre-order.

Demikian diungkap GM Manager Marketing Telkomsel Nirwan Lesmana di sela repackaging Simpati Pede di Hotel Grand Melia, Jakarta, Senin (2/2/2009). "Kami sudah dapat 17 ribu peminat dimana setiap harinya ada seribu lima ratus orang yang mendaftar untuk pre-order," ujarnya

Seperti bos Telkomsel lainnya, Nirwan juga enggan mengungkap hal lain terkait produk bundling tersebut. Namun ia berjanji paket iPhone 3G yang ditawarkan bersaing dari sisi layanan dan harga.

"Harga yang kami tawarkan pastinya bersaing dengan produk lain seperti Nokia dan BlackBerry," ujarnya singkat.

Telkomsel memang selalu diam seribu bahasa jika disinggung soal kerjasamanya dengan Apple soal iPhone 3G. Produk yang rumornya akan dilepas di kisaran 2,5 juta itu, rencananya akan dirilis akhir Februari 2009.

"Jangankan Anda, istri saya saja tak pernah saya jawab saat menanyakan hal ini," timpal Hendri Mulya Sjam, VP Marketing Product Telkomsel. ( rou / ash )


Sumber - DetikNet.com ...Lanjutan...

Tips Membeli Printer Laserjet Warna

0 comments

Printer laser warna semakin hari semakin kecil fisiknya, gegas dalam mencetak, dan murah harganya. Anda bisa memperolehnya dengan harga mulai dari US$ 300. Karena itu yang perlu diperhatikan pada printer laser warna sebenarnya bukan hanya harga unitnya yang semakin terjangkau, atau kecepatan cetak dan baki kapasitas kertasnya. Tetapi juga biaya operasionalnya. Ingat, harga consumables cukup tinggi.

Karena itu mungkin saja printer laser warna low-end yang harganya di kisaran US$ 500 pada akhirnya menjadi lebih mahal dibandingkan pinter di kisaran harga US$ 500 – US$ 1000 atau lebih akibat kecepatan, daya tampung kertas yang lebih besar: biaya per halamannya menjadi lebih murah.

Contoh, jika toner EP316 Black milik Canon Laser Shot LBP50550N/5050 dijual US$ 78 dan dapat dipakai mencetak untuk 2300 halaman, berarti biaya per halaman cetak monokrom (tidak termasuk harga kertas) pada printer laser warna ini adalah 3,4 sen dollar AS.

Sementara itu toner hitam EP302 Black untuk kakaknya, Canon Laser Shot LBP5970, dijual US$ 150 dengan kapasitas cetak 10.000 halaman. Artinya, biaya cetak monokrom per halaman (di luar kertas) dengan Canon Laser Shot LBP5970 menjadi 1,5 sen dollar AS, atau sekitar 44% lebih murah. Namun dari sisi harga unit, Canon Laser Shot LBP5050N yang kecepatan cetak warnanya 8ppm dan bisa dikoneksikan ke jaringan itu jauh di bawah Canon Laser Shot LBP5970 (US$ 520 vs. US$ 3600).

Jadi apa yang harus diperhatikan saat akan membeli sebuah printer laser warna? Inilah beberapa pertimbangannya.

Kecepatan
Sebelum membeli printer apa pun, hitung dulu berapa halaman yang dicetak kantor Anda setiap bulannya. Setelah itu telitilah kecepatan mesin dan duty cycle bulanan dari printer yang sedang Anda pertimbangkan, untuk melihat apakah pola pakai Anda sesuai dengan kemampuan printer.

Kecepatan mesin printer, dinyatakan dalam halaman per menit (ppm – page per minute) memberitahukan seberapa cepat printer bekerja dalam kondisi ideal (atau bahkan kondisi khusus yang diciptakan oleh vendor-nya).

Canon Laser Shot LBP5050N/5050 misalnya, mampu mencetak 8ppm untuk warna atau 12ppm untuk hitam-putih. Sedangkan Canon Laser Shot LBP5970 bisa ngebut nyaris empat kalinya: 30ppm untuk warna atau 32ppm untuk hitam-putih pada kertas berukuran A4. Kecepatan Canon Laser Shot LBP5970 melambat saat mencetak di atas kertas yang lebih lebar, ukuran A3: 15ppm untuk warna maupun monokrom.

Rata-rata printer, begitu menurut uji yang dilakukan oleh PCWorld, hanya mencapai angka 75% dari kecepatan maksimal yang disebutkannya. Bahkan menurut PCWorld, kecepatan printer laser warna yang paling murah jauh di bawah klaim vendor-nya.

Namun tetap saja kecepatan mesin adalah panduan paling mudah untuk mengetahui apakah printer tersebut dapat menangani kebutuhan cetak harian Anda – pribadi maupun di kantor. Semakin banyak orang yang menggunakan printer, semakin banyak yang dicetak, sehingga sebaiknya semakin cepat printer melakukannya. Ini kecuali jika Anda suka ngerumpi di dekat lokasi printer dengan sesama rekan kerja, sambil melihat pekerjaan cetak siapa yang keluar duluan.

Teliti juga seberapa cepat printer laser merespon perintah Anda untuk melakukan tugas cetaknya dari kondisi mati atau moda standby. Ada beberapa printer yang harus melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum bisa mencetak. Alhasil Anda harus menunggu beberapa saat – bisa detik atau bahkan hitungan menit – terlebih dulu.

Mengapa demikian? Pada kebanyakan printer laser konvensional, biasanya ada sebuah fixing roller yang seluruh permukaannya harus dipanaskan dulu sebelum pencetakan bisa mulai dilakukan. Inilah yang menyebabkan adanya waktu pemanasan (warm-up time) yang bisa cukup lama – tergantung pada luasnya permukaan roller.

Namun ada juga, seperti Canon Laser Shot LBP5050N/5050 dan Canon Laser Shot LBP5970, yang mengklaim zero warm-up time, alias tidak membutuhkan waktu pemanasan. Kalau pun ada, waktu tersebut sangat minim.

Ini dikarenakan semua printer laser Canon menggunakan teknologi Canon On-Demand Fixing. Di sini sebuah fixing film yang tipis langsung dipanaskan oleh sebuah pemanas keramik. Karena panas langsung dipindahkan ke fixing film, proses cetak bisa segera dilakukan tanpa menanti waktu pemanasan lagi. Tinggal tekan tombol Print, dan hasil cetak langsung keluar. Dengan teknologi On-Demand Fixing, menurut Canon, laser warna Laser Shot LBP5970-nya hanya perlu waktu sekitar 7,5 detik untuk siap mencetak sejak tombol aktivasi printer (moda standby) dinyalakan.

Selain kecepatan cetak dan respon warm-up time, teliti juga duty cycle printer. Duty cycle atau siklus kerja menentukan ambang batas manufaktur untuk jumlah halaman maksimal yang dicetak per bulan. Anda akan menginginkan rentang yang lebar antara cetakan minimal dan maksimal sehingga leluasa dalam mencetak.

Printer entry-level biasanya punya duty cycle 300.000 halaman per bulan. Printer dengan harga sekitar US$ 1000 biasanya menawarkan duty cycle rata-rata 60.000 halaman per bulan, sedangkan printer kelas berat, high volume, yang harganya di kisaran US$ 1000 – US$ 2000, menawarkan rata-rata 100.000 halaman per bulan.

Resolusi Cetak
Sebenarnya perlukan kita meributkan resolusi optikal sebuah printer, tepatnya jumlah dot per inci yang dapat dicetaknya? Mungkin tidak. Printer laser warna yang paling murah pun sudah memamerkan resolusi optikal 600x600 dpi, yang cocok untuk kebutuhan kebanyakan bisnis.

Banyak juga vendor yang menerapkan algoritma khusus untuk mengemulasi resolusi yang lebih tinggi, seperti Canon Laser Shot LBP 50550N/5050 menawarkan resolusi maksimal 9600x600 dpi melalui teknik A.I.R (Auto Image Refinement). Akan tetapi beberapa, seperti Canon Laser Shot LBP 5970, yang memang menawarkan resolusi 1200x1200 dpi sesungguhnya.

Namun jika Anda tidak benar-benar menginginkan kualitas cetak yang prima, abaikan saja resolusi yang lebih tinggi. Apalagi Anda harus siap untuk menunggu lebih lama untuk mendapatkan hasil cetaknya.

Faktor yang juga penting dipertimbangkan adalah biaya per halaman untuk mengoperasikan printer. Semua consumable printer menyertakan spesifikasi yang memberitahukan berapa halaman akan dicetak oleh unit tersebut. Tergantung dari apa yang Anda cetak, angka yang Anda peroleh akan berbeda.

Printer laser warna yang harganya lebih murah biasanya mengemaskan toner cartridge kapasitas kecil – hanya tahan mencetak beberapa ribu halaman. Canon Laser Shot LBP5050/5050N misalnya, menyediakan toner EP316 Black yang tahan mencetak 2300 halaman, dan EP316 CMY (cyan-magenta-yellow) dengan kapasitas cetak masing-masing 1500 halaman.

Harga toner umumnya mahal, jadi kalau bisa hemat-hematlah mencetak dalam warna. Jika pencetakan warna tidak bisa dihindarkan, berarti Anda perlu sebuah mesin yang toner cartridge-nya bisa mencetak lebih banyak halaman; sehingga biaya per halamannya lebih rendah, dan tentu saja tidak harus sering-sering diganti. Toner EP302 Canon Laser Shot LBP5970, punya kapasitas cetak 10.000 halaman untuk yang berwarna hitam, sedangkan untuk warna magenta, yellow, dan cyan masing-masing tahan mencetak sampai 6000 halaman,

Pada kebanyakan printer laser warna (khususnya low-end), toner cartridge sudah mencakup toner, komponen imaging, dan penampung sisa toner di dalam tempat tertutup. Walaupun mendukung kepraktisan dalam operasi harian, desain seperti ini sebenarnya lebih mahal dalam jangka panjang, karena semua bagiannya harus Anda ganti sekaligus.

Pada beberapa printer, khususnya model kelas atas, komponen-komponen ini dipisahkan. Cuma memang memasang yang baru butuh keterampilan dan kemahiran, tetapi dalam jangka panjang biaya operasionalnya akan lebih murah. Contohnya antara lain Canon Laser Shot LBP 5970 yang menawarkan drum cartridge EP302 CMYK yang masing-masing berkapasitas cetak 40.000 halaman.

Perhatikan bahwa beberapa printer kelas-atas pun sekarang membundelkan toner cartridge berkapasitas rendah, yang dilabeli sebagai “starter”. Contohnya Canon Laser Shot LBP5050N/5050. Kemasan toner Starter CMYK-nya berkapasitas masing-masing ‘hanya’ 800 halaman, sementara yang standar berkapasitas cetak sampai 2300 halaman (hitam), dan 1500 halaman (CMY). Biasanya toner Starter memang memberikan yield kurang dari setengah cartridge pengganti/normal. Karena itu usahakan untuk meminta bonus toner cartridge dengan harga diskon saat membeli printer laser.

Penanganan Kertas
Perbedaan besar di antara printer laser warna terletak pada caranya menangani kertas – jumlah dan ukurannya. Baki kertas utama pada printer yang murah (di bawah US$ 500) biasanya menampung maksimal 250 lembar kertas. Seringkali tidak tersedia opsi untuk menambahkan baki kertas tambahan. Selain itu, printer tersebut umumnya tidak dapat menangani kertas berukuran lebih besar dari legal – satu-satunya cara melakukannya adalah dengan menggunakan baki umpan manual, seperti pada Canon Laser Shot LBP5050N/5050.

Untuk printer dengan harga lebih mahal, tersedia baki kertas dengan kapasitas sampai 600 lembar kertas (midrange) atau bahkan nyaris 1200 lembar di model yang lebih tinggi. Canon Laser Shot LBP5970 menawarkan baki (feeder cassette) opsional sampai tiga tingkat yang masing-masing berdaya tampung 500 lembar, sehingga secara total (termasuk baki standarnya yang berkapasitas 100 lembar) printer laser warna ini bisa menampung kertas sampai 2000 lembar.

Baki kertas pada model-model midrange hampir selalu menerima kertas ukuran letter dan legal. Printer format lebar atau A3 seperti Canon Laser Shot LBP5970 dapat menerima kertas ukuran-tabloid, cocok untuk mencetak buklet. Selain ukuran A3 dan A4, Canon Laser Shot LBP5970 cukup fleksibel dalam menerima ragam ukuran kertas lainnya: B4, B5, Letter, EXE. Legal, maupun kertas dan kartu dengan ketebalan yang bervariasi:

Periksa juga apakah printer mampu mencetak di atas kertas foto, transparansi, lembar stiker CD/DVD, atau amplop. Biasanya baki umpan-manual harus digunakan untuk tugas cetak tersebut.

Akurasi Warna
Semua printer laser warna dilengkapi dengan fitur kalibrasi untuk mengecek konsistensi warna. Ini agar cetakan ke-20 dari brosur Anda akan sama warnanya dengan cetakan pertamanya. Printer high-end melakukan kalibrasi setelah 40 – 50 salinan; printer lainnya melakukannya setelah mencetak beberapa ratus salinan.

Warna juga ditentukan oleh toner yang Anda pakai. Setiap vendor printer selalu merekomendasikan penggunaan toner dengan merek yang sama dengan merek printer demi akurasi warna dan kelanggengan usia pakai printer. Padahal kian banyak tersedia toner pihak ketiga yang lebih murah.

Memori
Semua pengguna printer tentu menginginkan kecepatan cetak yang gegas dan tentu saja kualitas cetak yang prima. Kecepatan cetak, khususnya untuk pencetakan dalam jumlah besar, juga dipengaruhi oleh memori (RAM) dari printer itu sendiri . Semakin tinggi memori yang dikemaskan dalam printer laser, biasanya semakin baik (baca: cepat proses mencetak).

Akan tetapi ini tidak berarti sebuah printer laser harus selalu mengemaskan memori dalam jumlah besar. Ada printer yang dapat berbagi tugas pencetakan tersebut dengan memori dari PC yang dikoneksikan dengan si printer. Jadi kendati data yang harus dicetak banyak dan kompleks, misalnya bagan ruangan atau peta suatu wilayah, proses cetaknya tetap dapat dilakukan dalam kecepatan tinggi tanpa perlu menambahkan lebih banyak memori ke printer. Sebab printer akan membagi tugas cetaknya dengan memori PC.

Model-model printer laser warna Canon biasanya mengadopsi teknik seperti ini, yang disebutnya sebagai Canon Ultra Fast Rendering II (UFRII) dan Load Balancing Technology. Sembilan detik ditahbiskan Canon sebagai lamanya waktu untuk mencetak sebuah dokumen warna dengan tingkat kompleksitas tinggi pada resolusi optimal 9600x1200 dpi untuk model printer Canon Laser Shot LBP5970-nya yang secara standar mengemaskan memori DDR SDRAM sebesar 256MB. Namun tentu saja jika mau dan demi mendongkrak kecepatan agar lebih cepat lagi, Anda dipersilakan menambahkan memori tambahan/opsional, semisal 512MB.

Hemat Energi
Dalam situasi ekonomi global yang masih terguncang ini, juga penting untuk memilih sebuah printer laser yang tidak boros daya listrik. Memang di kantor-kantor atau juga rumah, printer laser biasanya lebih sering menganggur (idle), dan bukannya mencetak terus-menerus tanpa henti. Karena itu menjadi penting untuk memilih printer laser yang asupan listriknya saat berada dalam kondisi mengaggur ini seminimal mungkin.

Salah satu yang bisa dilirik, khususnya jika kebutuhan cetak di kantor Anda mencakup kertas A4 dan A3 – warna maupun monokrom – adalah Canon Laser Shot LBP5970. Pada modus tidur (sleep), printer ini hanya membutuhkan asupan listrik sebesar 1W, yang menurut Canon 96% lebih kecil dibandingkan model yang sama dari merek saingan-saingannya.

Garansi
Jangan lupa meminta kartu garansi untuk printer yang Anda beli. Tanyakan juga kebijakan pengembalian andaikata printer tersebut rusak atau ngadat.

Fitur Lain
O ya, usahakan untuk membuat tabel perbandingan spesifikasi dari printer laser yang ingin Anda beli. Jangan lupa sertakan pula harga unit printer maupun harga toner-nya. Ini perlu agar Anda tahu apa saja yang bisa Anda dapatkan dari merek dan model tertentu, dan apakah itu akan memenuhi kebutuhan cetak Anda sekarang dan juga di masa mendatang. Tidak ada printer laser yang dibuat identik, jadi Anda memang harus sangat cermat dalam melakukan perbandingan spesifikasi maupun harga.

Kompatibilitas misalnya, perlu diberi perhatian khusus. Semua printer laser yang sudah beredar saat ini memang tidak bermasalah bila berhadapan dengan komputer yang bersistem operasi Microsoft Windows. Namun periksa apakah printer laser tersebut juga kompatibel dengan sistem operasi lain: Apple Macintosh dan Linux.

Kemampuan jaringan dan pengelolaan jarak jauh (remote) serta kemudahan pemeliharaan pun menjadi sesuatu yang penting, khususnya jika printer laser warna akan dioperasikan di sebarang kantor, mulai dari yang berskala kecil sampai berskala menengah ke atas. Adanya port USB 2.0 Hi-Speed adalah spesifikasi wajib. Juga akan menyenangkan jika sudah tertanam konektor 10Base-T/100Base-TX, dan aplikasi pendukung untuk memudahkan pengelolaan jaringan. (kompas)

Sumber - Ketok.com
...Lanjutan...

Pergantian Jabatan PT. Telkom

0 comments

Jakarta - Selain pergantian Direktur Utama Telkomsel, perubahan lain juga terjadi di bagian tubuh lain dari Telkom Grup. Ke mana saja pergeseran posisinya?

Posisi Direktur Utama Telkomsel kini dijabat oleh Sarwoto menggantikan Kiskenda Suriahardja. Sarwoto sebelumnya adalah Executive General Manager (EGM) Divisi Infrastruktur Telekomunikasi PT. Telkom. Selanjutnya, Kiskenda akan menjadi Staf Ahli Direktur Utama PT. Telkom Bidang Marketing.

Direktur Pengembangan PT Telkomsel yang sebelumnya dijabat oleh Syarif Syahrial Ahmad kini dijabat oleh Herfini Haryono yang sebelumnya Vice President Business Control Telkomsel. Syarif akan beralih menjadi Staf Ahli Direktur Utama PT. Telkom Bidang Operasi Pemeliharan dan Teknik.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (29/1/2009), pada saat bersamaan Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Direksi kepada delapan pejabat Telkom, tiga diantaranya merupakan SK memasuki masa pensiun.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, mengatakan perubahan ini merupakan hal yang biasa dan dapat terjadi setiap saat. Ia pun menyebut perlunya grup Telkom bersiap menghadapi tantangan iklim kompetisi di industri telekomunikasi saat ini.

Keterangan foto: Sarwoto (kiri) bersalaman dengan Kiskenda (kanan) dengan disaksikan Rinaldi Firmansyah (tengah). Sumber: Dokumentasi Telkomsel.


Sumber - DetikNet.com ...Lanjutan...

Yamaha Luncurkan Motor Baru

0 comments

GERNO DI LESMO - Tim Fiat Yamaha bakal segera mengikuti jejak rivalnya Ducati Marlboro yang telah memperkenalkan paket motor barunya GP9 di ajang MotoGP musim 2009. Namun, peluncuran paket baru Yamaha ini baru akan diumumkan pada Februari mendatang.


Peluncuran motor baru yang diproyeksikan menggantikan YZR-M1 itu, rencananya akan diperkenalkan di depan publik pada 2 Februari mendatang. Namun, mengenai nama motor serta desain baru yang akan dipamerkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, masih dirahasiakan.

Sebagaimana dilansir Automoto365, Jumat (16/1/2009), paket motor yang akan ditunggangi Rossi dan Lorenzo nantinya diprediksi bakal mampu bersaing dengan GP9 milik Ducati. Selain itu, motor baru di juga bakal memiliki tingkat kestabilan serta kecepatan jauh melebihi YZR-M1.

Tim Fiat Yamaha yang pada musim lalu berhasil mengantar Rossi merebut kembali mahkota jawara MotoGP dari Casey Stoner (Ducati-red), memang terus menerapkan inovasi baru guna memberi kejayaan bagi tim yang bermarkas di Gerno di Lesmo, Italia tersebut.

Dengan paket motor baru yang akan segera diluncurkan ini, sang juara bertahan The Doctor dan The Rising Star Lorenzo memang disinyalir bakal merasa nyaman menunggangi motor baru tersebut.

Selain itu, keduanya juga dipercaya bakal mampu memberikan kontribusi maksimal bagi Yamaha di musim 2009 yang akan segera dimulai pada April 2009 mendatang.


(Sumber - OkeZone.com) ...Lanjutan...

Minggu, Februari 01, 2009

MotoGP 2009

0 comments

Pertarungan antar team-team motor kelas dunia tidak lama lagi akan dimulai...

Meski balapan MotoGP musim 2008 belum sepenuhnya usai, namun hingga saat ini bursa pembalap telah ramai dibicarakan. Bahkan saat ini terhitung delapan tim telah mendaftarkan para pembalapnya untuk musim depan.

Ya, aksi saling comot mulai terlihat sejak pertengahan musim lalu. Kejutan terbesar terjadi pada juara dunia 2006 Nicky Hayden. Pembalap Amerika Serikat ini memutuskan meninggalkan Repsol Honda dan berlabuh ke Ducati.

Sedangkan Marco Melandri yang gagal tampil garang dengan GP8 Ducati akhirnya memilih Kawasaki sebagai tim yang akan dibelanya musim depan. Sedangkan kursi yang ditinggalkan Hayden akan diisi oleh Andrea Divizioso yang musim ini menyandang status pembalap debutan.

Kejutan lainnya, Kawasaki juga berencana akan turun dengan tim kedua. Adalah Jorge Martinez 'Aspar' berencana turun di kelas MotoGP. Aspar berencana menggandeng pembalap yang berasal dari Spanyol.

Sedangkan San Carlo Honda Gresini masih menyisakan satu tempat. Kemungkinan Shinya Nakano akan digusur Toni Elias. Sedangkan kursi yang ditinggalkan Toni Elias di Alice Team serta rekannya Sylvain Guintoli kemungkinan akan diisi Mika Kallio dan Niccolo Canepa.

Isu terakhir yakni Ducati akan memiliki tim satelit baru setelah keluarga Nieto berencana terjun di balapan MotoGP. Dan pembalap yang paling berpeluang adalah mantan pembalap MotoGP, Sete Gibernue.


Download Team MotoGP 2009
(Sumber - OkeZone.com) ...Lanjutan...

Blog Archive

Pengikut

 

Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modify Template by badrun