........S'LaMat DaTanG, Segala Komentar yang sifatnya membangun sangat diharapkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik........

Kamis, Februari 26, 2009

Protes untuk TOS Facebook


TOS (Term of Service) merupakan hal yang paling sering kita acuhkan bila kita menginstal sesuatu program atau memilih suatu layanan di internet yang kita ikuti. Namun ketidakpedulian kita sebagai pengguna menimbulkan aksi protes dari para pengguna Facebook. Hal ini pula yang menjadi penyebab aksi protes dari para pengguna Facebook dikemudian hari atas TOS baru Facebook yang otomatis memberikan hak seluas-luasnya kepada situs Social Networking ini atas semua data dan informasi yang pernah diposting user ke Facebook.

Berikut ini merupakan petikan TOS Facebook yang banyak menuai protes tersebut :
You hereby grant Facebook an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to (a) use, copy, publish, stream, store, retain, publicly perform or display, transmit, scan, reformat, modify, edit, frame, translate, excerpt, adapt, create derivative works and distribute (through multiple tiers), any User Content you (i) Post on or in connection with the Facebook Service or the promotion thereof subject only to your privacy settings or (ii) enable a user to Post, including by offering a Share Link on your website and (b) to use your name, likeness and image for any purpose, including commercial or advertising, each of (a) and (b) on or in connection with the Facebook Service or the promotion thereof.”

Yang lebih membuat geram user lagi adalah bahwa Facebook tetap memiliki hak untuk mengarsipkan copy dari data user walaupun telah menutup accountnya.

Menurut pihak Facebook sendiri, bukan maksud mereka untuk melakukan klaim sepihak atas data, informasi dan foto dari user yang ter-upload untuk mereka salahgunakan, namun pasal tersebut lebih dimaksudkan sebagai jaminan hak Facebook untuk membagikan informasi tersebut kepada pihak-pihak yang berkompeten, seperti teman-teman dalam jaringan sang user.

Lebih lanjut, pendiri Facebook Mark Zuckerberg dalam sebuah blognya menandaskan bahwa di Facebook user tetap memiliki hak atas data informasi mereka, dan dapat mengontrol secara langsung dengan siapa mereka akan berbagi data informasi tersebut.

Mark Zuckerberg yang telah merintis Facebook sejak di bangku kuliah menyatakan bahwa memang banyak bahasa dalam Terms of Service mereka yang sangat formal dan kaku, namun hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan penuh atas layanan yang mereka berikan.

Sumber - Teknologinet.com

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Pengikut

 

Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modify Template by badrun