........S'LaMat DaTanG, Segala Komentar yang sifatnya membangun sangat diharapkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik........

Senin, Februari 02, 2009

Tahun 2015, semua jaringan telekomunikasi terhubung ke internet


Konvergensi media informasi dan komunikasi (infokom) kian dekat. Jaringan infokom ke depannya bakal semakin luas dan merambah ke berbagai bentuk yang praktis. Masyarakat dan pemerintah selaku pemakai harus bersiap-siap menyesuaikan diri.

Hal itu disampaikan Jaka Sembiring dari Pusat Pelayanan Telematika Departemen Komunikasi dan Informatika dalam kegiatan Cisco Network Indonesia, Rabu (28/1) di Institut Teknologi Bandung. Integrasi jaringan infokom yang diistilahkan next generation networking (NGN) ini akan betul-betul terwujud setidaknya di 2015 mendatang.


Berbagai perangkat TIK (infokom) ke depan bakal makin praktis, plug and play (pasang dan langsung difungsikan). Perannya di masyarakat pun bakal semakin besar, merubah perilaku masyarakat, ujarnya. Ia mencontoh kan fenomena telepon seluler yang terjadi satu dasawarsa terakhir. Alat telekomunikasi ini kini telah dimiliki oleh siapa pun.

Fenomena lain, yaitu makin berkembangnya pola jejaring sosial melalui situs pertemanan macam Facebook di internet. Ke depan, melalui NGN ini, akses komunikasi, telepon, internet, radio, hingga televisi dapat tersaji di dalam satu piranti saja. Integrasi infokom ini semakin nyata seiring segera beroperasinya teknologi komunikasi nirkabel berpita lebar (broadband wireless acces) Wimax di 2009 ini.

"Tahun 2009 ini Wimax akan segera ditenderkan. Sengaja regulasinya itu disusun lebih lama agar memberi kesempatan industri dalam negeri bersiap diri. Sehingga, nanti bisa ikut bermain di teknologi ini," ucap staf pengajar Teknik Informatika ITB ini.

Managing Director Sisco System Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, salah satu esensi utama perkembangan teknologi adalah menghubungkan manusia ke manusia. Tidak sekedar alat ke alat. Maka, teknologi menjadi sangat penting untuk mendukung ko laborasi antarmanusia. Mereka yang tidak berkolaborasi akan teringgal di persaingan.

Yulvianus Harjono

Sumber - Kompas.tekno

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Pengikut

 

Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modify Template by badrun