........S'LaMat DaTanG, Segala Komentar yang sifatnya membangun sangat diharapkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik........

Senin, Desember 22, 2008

Di Touna, Ribuah Ha Lahan Kritis


Pemerintah Daerah Tojo Unauna tampaknya memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat untuk mengatasi lahan kritis di daerah ini untuk mencegah terjadinya bahaya erosi.
Dari data yang diperoleh koran ini di Dinas Kehutanan menyebutkan jumlah areal lahan kritis di Tojo Unauna seluas 62.573,68 Hektaare (Ha) yang tersebar di seluruh kecamatan. Disebutkan, untuk Kecamatan Ampana Kota luas lahan kritis 2.981,12 Ha, Kecamatan Ulubongka 33.421,75 Ha, Kecamatan Tojo dan Tojo Barat seluas 7.972,51 Ha, Kecamatan Unauna dan Togean seluas 8.564,67 Ha, serta kecamatan Walea kepulauan dan Walea Besar 4.340,67 Ha.
Tak hanya itu disebutkan pula, untuk mengatasi lahan kritis tersebut, pemerintah daerah menggulirkan sedikitnya dua program yakni reboisasi dan kegiatan penghijauan. Di tahun 2006 kegiatan reboisasi dilakukan di lahan kritis kecamatan Ulubongka dengan luas lahan yang ditanami 50 Ha. Di tahun 2007 kegiatan reboisasi dilakukan di areal lahan kritis seluas 250 Ha.
Masing-masing 75 Ha di kawasan lahan kritis Kecamatan Ampana Tete dan 175 Ha di kawasan lahan kritis kecamatan Ulubongka.
Untuk tahun 2008 program reboisasi dikerahkan dikawasan lahan kritis kecamatan Tojo dan Tojo Barat serta kecamatan Ulubongka dengan luas lahan yang ditanami 150 Ha.
Sementara itu kegiatan penghijauan diluar kawasan (Kebun Rakyat,red) terhitung hingga tahun 2008, ribuan Ha lahan kritis telah diatasi melalui program tersebut.
Namun begitu masih terdapat luas lahan kritis yang belum dilakukan penanaman kembali pohon. Disebutkan dalam data tersebut terdapat sisa 60.198,68 Ha areal lahan kritis yang harus ditanami pohon.

Bupati Tojo Unauna Drs. Damsik Ladjalani menegaskan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) wajib mentransparansikan hasil pembangunan yang digenjot melalui program yang digulirkan masing-masing sektor. “Keberhasilan yang kita capai setiap tahun harus diketahui oleh masyarakat luas, karena sasaran dan tujuan akhir pembangunan itu sendiri adalah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati kemarin. Salah satu momen yang palng tepat untuk menginformasikan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai lanjut Bupati antara lain melalui Pameran Pembangunan yang digelar menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tojo Unauna pada 18 Desember setiap tahunnya.” Kegiatan pameran pembangunan ini merupakan salah satu media informasi yang sangat efektif untuk menyebarluaskan kegiatan pembangunan secara visual kepada masyarakat luas. Oleh karena itu saya harapkan kepada semua peserta pameran, agar stand-standnya tidak hanya dihiasi keindahan dan gemerlap lampu, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana setiap SKPD mampu menampilkan data-data kongkrit tentang hasil-hasil pembangunan yang sudah, sedang dan yang akan dilaksanakan di daerah ini, “ pintanya berharap. ini menurutnya sangat penting agar masyarakat dapat menyerap berbagai informasi sehingga diperoleh pengetahuan untuk dikembangkan sebagai peluang usaha yang sesuai dengan kondisi wilayahnya. Tak hanya itu dikesempatan yang sama juga bupati menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan pameran pembangunan

Pengikut

 

Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modify Template by badrun