........S'LaMat DaTanG, Segala Komentar yang sifatnya membangun sangat diharapkan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik........

Kamis, Februari 19, 2009

Berdakwah lewat Yahoo Messanger


Kemajuan dalam dunia Teknologi Informasi sangat memberikan banyak manfaat baik pada diri kita sendiri maupun pada orang lain, tidak dapat kita pungkiri lagi, bahwa sudah banyak orang-orang yang menggunakan Teknologi Informasi ini untuk berbagai macam hal sesuai dengan apa yang diinginkannya.


Salah satu yang menjadi pokok tulisan kali ini adalah pemanfaatan fasilitas Yahoo Messenger atau Yahoo Conference. Salah seorang alumni Madrasah Aliyah Alkhairaat Palu, Darmawan Mahadjura yang saat ini sedang menyelesaikan studinya di Universitas Tromso, Norwegia, Eropa Utara. Dia menceritakan tentang kehidupan umat muslim di negara eropa itu yang jumlahnya sangat minoritas apalagi dari Negara Indonesia.

Sementara kehidupan Barat sangat kontras dengan budaya Islam dan Indonesia. "Jika kita tilik dari etika Islam, pergaulan masyarakat Barat itu sangat rusak dan jauh dari nilai-nilai etika," kata Darmawan Mahadjura. Kondisi ini membuat seorang muslim yang baik, cenderung mencari komunitas yang baik pula di tengah rusaknya moral pergaulan masyarakat Barat. Dan bagi seorang abnulkhairaat yang pernah menyelesaikan studi Tsanwiah Akhairaat di Pondok Pesantren Tilamuta, Gorontalo ini, pergaulan serta gaya hidup masyarakat Indonesia, tidak menjadikan dirinya lupa akan komunitas orang-orang shaleh. Untuk mencegah dirinya menjadi terbawa dari pergaulan bebas di Barat, Darmawan menggunakan perangkat lunak (software) Yahoo Messanger sebagai ajang untuk tetap dapat berkomunikasi dengan rekan-rekannya sesama muslim dan saling mengingatkan akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari pergaulan di tempat mereka berada itu.

Mungkin saja bagi mereka yang melek internet, Yahoo Messanger bukanlah suatu hal yang baru lagi, karena fasilitas chating yang satu ini sering kali dipakai oleh mereka. Namun, bagaimana dengan yang masih dalam taraf pembelajaran, tentunya perlu banyak menanyakan apa-apa saja yang mereka belum ketahui.

"Menariknya, pertemuan dan pengajian yang kami lakukan secara online dengan menggunakan Yahoo Messanger. Jadi, walaupun berjauhan kami seperti merasakan suasana yang sangat dekat, kami merasakan keakraban yang tak terbatas. Sepertinya kami berada dalam sebuah ruang tanpa hijab (pembatas) dan merasakan ikatan Ukhuwah Islamiyah yang sangat erat," katanya lagi.

1 comments:

nurdiansyah.RA.lakawaJr on 15 Maret 2009 16.15 mengatakan...

thaks..telah menyebarkan tulisan ini. Salam kenal dari saya, wartawan Media Alkhairaat, penulis berita Letika Abnaukhairaat berdakwa lewat YM.. ;D

Posting Komentar

Pengikut

 

Copyright 2010 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Modify Template by badrun